Selasa, 25 September 2007

Para Pencari Tuhan

oleh: Yulius Haflan

Bagi yang sahur sekitar jam 3 pagi, mungkin pernah atau sesekali menonton sebuah sinetron yang ditayangkan oleh SCTV yang berjudul Para Pencari Tuhan. Sungguh menarik sinetron ini, terutama tidak hanya tema yang bernafaskan Ramadhan. Tapi yang lebih menarik adalah bagaimana mengemas suatu sinetron Ramadhan menjadi tontonan yang segar, penuh nilai, dan yang penting adalah tidak menggurui.

Sinetron yang diproduksi PT Demi Gisela Citra Sinema -- rumah produksi milik Deddy Mizwar ini --dibintangi oleh Deddy Mizwar, Zaskia A Mecca, Ferry alias Akri Patrio, Annisa Suci, dan tiga komedian pendatang baru dari grup Bajaj. Deddy Mizwar mengatakan bahwa selama ini dirinya cukup resah terhadap tayangan TV di masa Ramadhan yang telah terlalu banyak menyajikan acara hura-hura saja. ''Bahkan, hampir semua tayangan TV siaran langsung di pagi hari itu yang sudah kabur isi dan pesannya,'' kata aktor senior ini. ''Untuk itu, kami berharap tayangan yang akan hadir di SCTV ini bisa lebih banyak memberikan manfaat lewat pesan dan isi yang jelas lewat sinetron Para Pencari Tuhan ini.'' (www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=306124&kat_id=383)

Cukup menarik dengan apa yang dikatakan oleh Oom Deddy 'Naga Bonar' Mizwar ini. Mungkin tidak semuanya seperti itu, seperti yang dilakukan oleh MetroTV dengan menayangkan Tafsir Al Misbah dan Sahur Bareng Republik Mimpi. Namun tayangan-tayangan lain yang lebih mengumbar kuis yang tidak jelas tentu perlu disayangkan. Pendekatan yang dilakukan oleh SCTV ini paling tidak memberi alternatif tontonan yang mendidik sekaligus menghibur.

Judul Sinetron: Para Pencari Tuhan

Pemain: Deddy Mizwar, Zaskia A Mecca, Ferry alias Akri Patrio, Annisa Suci, dan tiga komedian pendatang baru dari grup Bajaj

Produksi: PT Demi Gisela Citra Sinema

Stasiun TV: SCTV

Waktu: Selama Bulan Ramadhan, jam 03.00 s/d 04.30
[www.wikimu.com]